Jumat, 11 September 2015

Mengatasi Rambut Rontok, Ini tipsnya

Pusing karena tiap hari rambut rontok
Coba perhatikan secara baik-baik semua bagian kulit mu. Rambut tentu tumbuh hampir di semua bagian tubuh, kecuali telapak tangan, kaki, kelopak mata, serta bibir. Kalau dibagian itu juga rambut tetap tumbuh, artikel ini ngak ditulis dech berhenti sampai disini hehehe.

Mungkin, ada di antara kita yang diam-diam tidak suka dengan rambut yang tumbuh di tubuh kita ini. Walaupun demikian, kita tidak dianjurkan untuk membabat atau mencukur habis rambut-rambut yang ada di bagian tubuh kita, karena fungsi rambut bukan hanya untuk kecantikan semata, tetapi juga sebagai keseimbangan tubuh agar tetap sehat.

Rambut di kepala terkadang membuat kita tetap merasa hangat. Rambut (bulu) ada di hidung, kuping, sekitar mata yang fungsinya untuk melindungi organ-organ tersebut dari debu dan partikel-partikel lainnya. Alis dan bulu mata melindungi mata dengan cara mengurangi pantulan cahaya dan partikel yang mungkin menerpa organ penglihatan. Demikian juga dengan rambut-rambut halus yang ada di tubuh untuk kehangatan dan perlindungan bagi kulit kita. Rambut juga menjadi bantalan yang melindungi tubuh dari luka. (baca: manfaat kuning telur untuk kesuburan rambut).

bagian-bagian rambut
  • Hair shaft atau batang rambut adalah bagian rambut yang keluar dari dan berada di atas permukaan kulit.
  • Arrector pili muscle atau otot arektor pili adalah otot kecil yang menempel di folikel rambut.
  • Sebaceous gland atau kelenjar minyak adalah kelenjar mikroskopis yang berfungsi mengeluarkan sebum (minyak) dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap kuman.
  • Hair follicle atau folikel rambut adalah kantung kecil tempat akar satu helai rambut berada.
  • Hair bulb atau bulbus rambut adalah bagian akar yang menggelembung dan mengandung sel-sel aktif yang membentuk rambut.
  • Hair papilla atau papila rambut adalah bagian yang berada di folikel paling bawah dan bertugas menerima nutrisi dari folikel. Di sinilah tempat rambut sesungguhnya bertumbuh. Ketika sel-sel bertambah dan memproduksi keratin untuk mengeraskan strukturnya, sel-sel itu didorong ke luar folikel dan kemudian muncul di permukaan kulit sebagai batang rambut.
Setiap helai rambut memiliki tiga lapisan, yaitu medula di bagian lembut di tengah, korteks yang melingkari medula dan merupakan bagian utama rambut, serta kutikula yaitu bagian luar yang keras dan bertugas melindungi batang rambut


Rambut setiap orang tentu beda

Rambut boleh sama hitam tetapi tentu beda. Setiap orang memiliki ketebalan rambut yang berbeda satu sama lain. Rambut yang tebal berasal dari folikel yang besar, sedangkan rambut yang tipis memiliki folikel yang kecil. Tekstur rambut seseorang bisa dikategorikan lurus, ikal, atau keriting, ditentukan oleh bentuk lubang folikel di permukaan kulit dan penyebaran keratin.

Warna asli rambut tiap orang tentu juga berbeda karena tergantung pada jumlah dan penyebaran melanin di korteks. Rambut pirang atau merah mengindikasikan jumlah melanin yang sangat sedikit di rambutnya. Rambut juga mengandung pigmen kuning-merah. Rambut menjadi abu-abu di usia tua karena pigmen tidak lagi terbentuk.
Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, apalagi khususnya untuk wanita. Rambut adalah bagian terpenting dari tubuh, disamping dapat untuk mempercantik apalagi khususnya bagi seorang wanita, rambut juga dijadikan ajang model untuk bergaya bagi seseorang, terutama artis-artis terkenal sangat banyak fans yang meniru model rambut mereka.

Tapi bagaimana kalau anda dihadapkan dengan kerontokan rambut tiap hari. Tentu anda stress menghadapinya bukan. Dan jika kerontokan rambutnya dikategorikan parah dapat mengakibatkan kebotakan loh, masa sich cewek botak hehehe.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi kerontokan rontok rambut tiap hari dengan berbagai macam bahan yang dapat dengan mudah anda temukan dilingkungan anda sehari-hari, apa saja itu ikuti tipsnya.

Bawang Putih
Bawang putih sangat berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Anda cukup haluskan bawang putih dengan digiling manual atau pun di blender, seperti dijadikan jus. Kemudian dioleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. Kemudian di pagi harinya bilas dengan air sambil mandi bisa ditambahkan berikutnya dengan shampoo penumbuh rambut.

Jahe
Jahe juga dapat mengatasi kerontokan rambut, caranya hampir sama seperti cara diatas jahe dihaluskan dengan cara digiling atau pun di blender dan bisa juga ditambahkan sedikit bawang putih sesuai kebutuhan. Jangan lupa lakukan di malam hari setelah itu pagi-pagi langsung bilas sampai bersih dengan air sambil mandi pagi. 

Teh Hijau
Teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi kerontokan rambut serta dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dikarenakan di dalam nya terkandung antioksidan. Perlu pembaca tau bahwa zat antioksidan itu termasuk juga salah satu zat untuk anti penuaan dini. Cara mengolahnya juga mudah cukup seduh dua kantung teh hijau tambahkan dengan air hangat. Kemudian balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

Lidah Buaya
Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya. Setiap hari di televisi hampir setiap hari kita lihat iklan shampoo untuk rambut yang terbuat dari lidah buaya. Ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan rambut secara cepat dan alami. Kandungan zat di dalam tanaman lidah buaya ini, bisa membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rambut yang telah rusak serta dapat meremajakan sel-sel jaringan rambut menjadi tumbuh sehat kembali. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya mengambil potongan lidah buaya berukuran besar, dengan tekstur daging yang  tebal. Belah potongan lidah buaya tadi menjadi dua bagian, kemudian ambil bagian dalamnya. Usapkan ke seluruh bagian kulit kepala rambut hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis ini salah satu buah yang multi fungsi bisa digunakan untuk obat sakit tenggorakan karena batuk ternyata bisa juga mengatasi rambut yang rontok. Ambil 2 buah buah jeruk nipis, lalu iris buah jeruk nipis tadi menjadi beberapa irisan,  usapkan pada kulit kepala. Ketombe pun bisa hilang dibuat oleh jeruk nipis ini. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Minyak Kemiri
Minyak kemiri sudah terkenal sejak dulu, sejak zaman perang kemerdekaan juga minyak kemiri sudah biasa dipakai oleh masyarakat kita untuk minyak rambut. Disamping membuat rambut lebih rapi, klimis minyak kemiri dipercaya dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Ok sampai disini dulu lain kali kita sambung. Salam sehat, sehat itu mahal, artikel dikutip dari berbagai sumber, terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengatasi Rambut Rontok, Ini tipsnya